√ Cara Baru Daftar & Verifikasi Blog ke Google Webmaster Tools 2021 - AZBUNZ.NET | Tutorial Trik & Tips Blogger Gratis
Powered by Blogger.

Wednesday, December 9, 2020

Cara Baru Daftar & Verifikasi Blog ke Google Webmaster Tools 2021

Langkah ini adalah hal terpenting dalam membuat blog/website jika kita ingin menampilkannya ke mesin pencari Google.


Apabila kamu ingin agar blog kepunyaanmu cepat terindeks salah satu langkah cepatnya yaitu dengan cara baru daftar dan verifikasi blog ke Google Webmaster Tools di tahun 2021.


cara daftar google blog ke google webmaster tools


Seperti yang saya bilang sebelumnya, dengan kita mendaftar blog ke Google Webmaster maka blog/website kita cepat terindeks oleh Google.


Sebuah blog haruslah didaftarkan ke search engine seperti Google, Bing, Yahoo, Yandex dan sebagainya.


Logika simple nya begini, apabila kamu mempunyai sebuah blog baru dan tiap hari rutin menulis artikel, akan tetapi tidak mendaftarkan nya di Google Webmaster Tools, maka itu percuma.


Ibaratnya seperti kamu ingin melamar sebuah pekerjaan tapi kamu tidak memberikan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Bagaimana kamu bisa dikenali robot Google jika blog mu tidak mempunyai tanda pengenal.


Seperti yang kita ketahui fungsi robot google adalah mengcrawler sebuah halaman blog/website dan membaca semua konten yang telah diizinkan dan menampilkannya di mesin pencari Google, Bing, Yandex dan lain-lain.


Oleh sebab itu mendaftarkan blog ke Google Search Console adalah hal terpenting.


Cara Terbaru Mendaftarkan Blog di Google Webmaster Tools (+Verifikasi)


Sebenarnya ada 2 (dua) cara mudah untuk daftarkan blog kamu ke GWT. Yang pertama dengan Add Domain. Kedua dengan Add URL Prefix.


Pertama-tama kunjungi halaman resmi Google Webmaster Tools. Klik Mulai


Maka akan muncul 2 (dua) pilihan select property type atau pilih jenis properti yaitu Add Domain dan Add URL prefix.


Cara Pertama Add Domain



Di metode add Domain ini kamu cukup memasukkan nama domain saja tanpa perlu menambahkan http, https, ataupun www karena semua itu akan otomatis terintegrasi nantinya.


1. Isikan domain mu tanpa embel-embel apapun contoh seperti gambar di bawah ini. Setelah memasukkan nama domain kemudian klik Continue.


add domain


Otomatis terverifikasi apabila blog mu menggunakan platform blogger.com (blogspot) dan login dengan akun yang sama dengan akun blog mu. 


Verifikasi berhasil untuk blogger



2. Selanjutnya kamu akan diminta melanjutkan verifikasi domain mu via DNS Manager. Maka klik setelan > klik verifikasi kepemilikan > penyedia nama domain (Kaitkan data DNS dengan Google). Silahkan copy kode verifikasi.

verify DNS Google Webmaster


3. Terakhir, kamu hanya perlu memasukkan kode verifikasi tersebut ke DNS Manager penyedia domain milikmu. Setiap penyedia domain berbeda cara verifikasinya, maka kamu bisa mencari sendiri caranya.


Bagi kamu yang bingung cara verify nya, kamu bisa meminta bantuan CS tempat mu membeli domain.


Bagi yang menggunakan Cloudflare, kamu bisa mengikuti cara saya di bawah ini.


Silahkan login akun Cloudflare milikmu. Klik active website punyamu, lalu masuk ke menu DNS. Masukkan kode yang tadi dengan format seperti yang saya buat di bawah ini.


Verify DNS Webmaster Cloudflare


Setelah berhasil disetting. Kamu kembali ke halaman Webmaster Google dan klik verify. Seharusnya properti domain kamu sudah berhasil terverifikasi.


2. Cara Kedua Add URL Prefix


Di metode add URL Prefix harus dimasukkan satu per satu alamat domain mu. Misalnya https://azbunz.net, https://www.azbunz.net. http://azbunz.net, http://www.azbunz.net. Keempat alamat website tersebut dimasukkan dan di verifikasi satu per satu.  


Metode kedua lebih cocok sebagai alternatif apabila kamu kesulitan melakukan verifikasi melalui DNS Manager. 


1. Isikan url blog mu seperti gambar di bawah ini.

url prefix


2. Selanjutnya kamu akan dimintai verifikasi kepemilikan blog. Ada banyak opsi sebetulnya yaitu dengan via HTML tag, Tag Manager, Google Analytics, dan lainnya. Kali ini saya ambil yang paling mudah yaitu menggunakan HTML tag. Copy meta tag nya. 

verify tag html


Bagi kamu yang menggunakan platform Blogger.com (Blogspot) bisa ikuti cara di bawah ini.


Lalu masuk ke dashboard blogger mu. Klik Tema kemudian edit HTML. Paste meta tag tersebut di bawah <head>. Selanjutnya save.


Kembali lagi ke halaman Google Webmaster. Kemudian klik Verifikasi


Selamat verifikasi blog mu di Google Search Console telah berhasil.


Selanjutnya kamu hanya perlu menambahkan sitemap blog di Google Webmaster.


Demikianlah artikel kali ini tentang cara terbaru daftar dan verifikasi blog ke Google Webmaster Tools pada tahun 2021. Setelah membaca tutorial ini diharapkan kamu dapat mendaftarkan blog mu di Google Webmaster secara mandiri. Sekian dan terima kasih.

Get notifications from this blog